Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Singa Mati dalam 10 Minggu

Kompas.com - 22/03/2010, 19:31 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Sedikitnya 13 singa mati dalam 10 pekan terakhir di India akibat beragam sebab, seperti dilaporkan media massa setempat, Senin (22/3/2010).

"Tahun lalu, 60 singa mati di negara yang memiliki 1.411 singa liar," lapor kantor berita India, PTI.

Menteri Lingkungan Hidup India Jairam Ramesh menyerukan masyarakat agar melindungi singa. Ia menuduh mafia dukungan para politisi dalam aktivitas pemburuan gelap yang mengancam kepunahan binatang yang dilindungi itu.

Sebelumnya dilaporkan, seorang gadis cilik berusia 12 tahun tewas diterkam seekor singa. Singa tersebut juga melukai empat orang lainnya di India utara.

"Gadis yang bekerja di Desa Mayraha, dekat Pusat Reservasi Margasatwa Katarniyaghat di Negara Bagian Uttar Pradesh, India utara, mendadak diserang singa," kata laporan itu.

Ia telah mencoba lari menyelamatkan diri, tetapi gagal dan akhirnya ia menemui ajal akibat luka parah yang dideritanya akibat terkaman.

Menurut laporan, ibu korban dan tiga warga desa juga menderita luka-luka ketika berlarian ke tempat kejadian untuk mencoba menolong gadis naas itu dari mulut singa.

Menurut Pusat Reservasi Margasatwa Katarniyaghat, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Dudhwa, terdata sekitar 100 singa yang dilindungi.

Sementara itu, konflik antara singa dan penduduk desa itu kerap terjadi akibat beberapa faktor alam dan gangguan yang dibuat manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com