Wartawan Ditembak Mati di Teras Rumahnya

Kompas.com - 21/03/2010, 20:10 WIB
Editorbnj

BOGOTA, KOMPAS.com - Seorang pria bersenjata membunuh wartawan Kolombia yang sebelumnya telah menerima ancaman dan melaporkan politisi yang memiliki hubungan dengan regu kematian militer, demikian polisi dan keluarga korban mengatakan Sabtu (20/3/2010).

Clodomiro Castilla, redaktur majalah El Pulso dan wartawan radio setempat, ditembak hingga tewas pada Jumat malam ketika ia sedang membaca buku di teras rumahnya di kota Monteria di bagian utara negara itu.

Perang saudara yang berlangsung beberapa dasawarsa lamanya mereda, setelah Presiden Alvaro Uribe mengirim tentara untuk merebut daerah yang dikuasai pemberontak.

Namun, meski pemerintah telah menguasai wilayah tersebut, keselamatan wartawan masih belum menjadi prioritas utama. Wartawan masih terus diserang kelompok bersenjata dan pedagang kokain.

"Castilla sedang duduk membaca buku di teras rumahnya. Ia kemudian didekati pria bersenjata yang menembak beberapa kali lalu kabur dengan sepeda motor," jelas Kolonel Pedro Angelo Franco, komandan polisi negara bagian.

Pihak keluarga wartawan sempat menceritakan, sebelum penembakan Castilla telah menerima ancaman kematian. Namun, ia menolak tawaran perlindungan dari pemerintah.

Castilla, 49, tewas di negara bagian Cordoba, tempat regu paramiliter dibentuk pada 1980-an oleh para tuan tanah untuk membela diri dari pemberontak sayap kiri yang memerangi negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kolombia pernah dianggap sebagai salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi wartawan untuk bekerja. Lebih dari 100 wartawan telah dibunuh pada 1980-an dan 1990-an oleh sindikat kokain, pemberontak dan paramiliter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.