Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Osama Bin Laden Dibebaskan

Kompas.com - 19/03/2010, 21:55 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Iman Bin Laden, putri pemimpin Al Qaeda, Osama Bin Laden, telah kembali ke Suriah setelah ditahan selama delapan tahun di Iran. Demikian dilaporkan surat kabar berbahasa Arab, Sharq Al-Ausat, Jumat (19/3/2010).

Gadis berusia 19 tahun itu dan ibunya yang asal Suriah, Najwa Ghanem, istri pertama Bin Laden, tiba di Damaskus pada hari Kamis dengan penerbangan dari Teheran.

Ia dan ibunya kini berada di kota pelabuhan Al-Ladhaqiya, dekat perbatasan dengan Turki, tempat mereka bersua dengan anggota keluarga, termasuk saudara-saudara kandung sang putri yang hidup di Arab Saudi.

Iman Bin Laden sempat tinggal beberapa bulan di dalam Kedutaan Arab Saudi di Teheran, tempat ia ingin mengungsi. Ia ditahan di Iran pada 2002.

Iman dilaporkan berhasil mencapai Kedutaan Arab Saudi di Teheran setelah lolos dari aparat keamanan yang menjaganya dan menelepon saudara laki-lakinya, Omar, di Suriah, untuk memberi tahu bahwa ia masih hidup.

Ia ditangkap pada 2002 ketika mencoba pergi ke perbatasan Afganistan, bersama ibu tirinya, Umm Hamza.

"Enam saudara kandungnya serta 11 ponakan dan sepupu Bin Laden saat ini masih ditahan di Iran. Mereka menderita problem kesehatan fisik dan mental," kata Iman seperti dikutip media.

November lalu, Omar melancarkan kampanye di media massa Arab Saudi untuk pembebasan saudara perempuannya tersebut.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Saud Al-Faisal dilaporkan memainkan peranan penting dalam pembebasan Iman Bin Laden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com