Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 20 Orang Tewas Lantaran Banjir di Angola dan Zambia

Kompas.com - 16/03/2010, 05:35 WIB

LUANDA, KOMPAS.com - Sedikitnya 20 orang tewas akibat banjir di Angola dan Zambia yang berdekatan, beberapa pejabat mengatakan, Senin (15/3/2010). Dua belas orang tewas setelah hujan lebat menyebabkan banjir, tanah longsor dan rumah ambruk di ibukota Angola, Luanda, jelas wakil gubernur kota itu.
   
Hujan deras juga melanda Zambia, tempat delapan orang tewas dan ratusan orang lagi telantar ketika banjir menghanyutkan jalan, jembatan, dan bangunan pemerintah, kata beberapa pejabat penanggulangan bencana.
   
Hujan yang mulai Senin pagi, menyebabkan puluhan warga Angola tunawisma setelah banjir membawa hanyut pondok mereka di sebuah kota yang menampung lebih dari sepertiga dari 16.5 juta orang di negara itu. "Sebagian besar dari korban tewas setelah rumah mereka runtuh karena hujan deras itu. Mereka tinggal di gubuk-gubuk sementara tidak sah di sekitar pusat kota itu," jelas wakil gubernur Bento Soito pada Reuters.
   
Militer Zambia telah dipanggil untuk operasi pertolongan, sementara para pejabat yang mengurusi dam Kariba yang sangat besar di perbatasan dengan Zimbabwe dipaksa untuk membuka pintu banjir, meningkatkan kesempatan lebih banyak banjir menghilir di sungai Zambezi di Mozambik.
   
Mozambik telah dalam kesiagaan banjir merah -- satu tingkat di bawah pernyataan bencana.
   
Tahun lalu, hujan deras di Malawi dan Zambia menyebabkan banjir di Mozambik yang menewaskan 45 orang dan menyebabkan 25.000 orang tak punya rumah.
   
Ribuan orang juga kehilangan rumah mereka di Angola setiap tahun karena banjir yang diakibatkan oleh hujan musiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com