Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Akan Bangun Pembangkit Nuklir India

Kompas.com - 12/03/2010, 19:48 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin Jumat (12/3/2010) mengatakan Rusia akan membangun pembangkit nuklir dan memasok bahan bakar nuklir kepada India.

Pernyataan PM Putin itu merupakan wujud komitmen Rusia untuk merealisasikan kesepakatan kerja sama nuklir kedua negara yang dicapai pada akhir tahun lalu.

PM India Manmohan Singh dalam kunjungannya ke Rusia pada Desember tahun lalu sepakat mempererat hubungan antara dua negara sekutu dan memperluas kerja sama di sektor energi nuklir.

"Kunjungan Singh yang keenam ke Rusia selama menjabat perdana menteri pada 2004 itu juga dirancang untuk membentuk kesepakatan pertahanan yang sebelumnya ditunda," kata kantor berita India, PTI.

Singh dalam pertemuannya dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan PM Putin, sebagai bagian dari pertemuan tahunan antara pemimpin kedua negara, menggodok kesepakatan kemitraan strategis pada 2000.

"Ini adalah kemitraan berdasarkan fondasi yang solid dari persahabatan yang berlangsung sejak lama, saling percaya dan kesamaan kepentingan yang kuat," kata PM Singh.

Pada September 2009, Presiden India Pratibha Patil juga mengunjungi Rusia untuk membicarakan peningkatan perdagangan dan kerja sama nuklir.

Moskow berusaha memperbarui hubungan dengan negara sekutunya pada era Perang Dingin itu, dan ingin tetap mempertahankan posisinya sebagai pemasok utama persenjataan India, di tengah meningkatnya persaingan dari AS dan Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com