Rusia Akan Bangun Pembangkit Nuklir India

Kompas.com - 12/03/2010, 19:48 WIB
Editorbnj

NEW DELHI, KOMPAS.com - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin Jumat (12/3/2010) mengatakan Rusia akan membangun pembangkit nuklir dan memasok bahan bakar nuklir kepada India.

Pernyataan PM Putin itu merupakan wujud komitmen Rusia untuk merealisasikan kesepakatan kerja sama nuklir kedua negara yang dicapai pada akhir tahun lalu.

PM India Manmohan Singh dalam kunjungannya ke Rusia pada Desember tahun lalu sepakat mempererat hubungan antara dua negara sekutu dan memperluas kerja sama di sektor energi nuklir.

"Kunjungan Singh yang keenam ke Rusia selama menjabat perdana menteri pada 2004 itu juga dirancang untuk membentuk kesepakatan pertahanan yang sebelumnya ditunda," kata kantor berita India, PTI.

Singh dalam pertemuannya dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan PM Putin, sebagai bagian dari pertemuan tahunan antara pemimpin kedua negara, menggodok kesepakatan kemitraan strategis pada 2000.

"Ini adalah kemitraan berdasarkan fondasi yang solid dari persahabatan yang berlangsung sejak lama, saling percaya dan kesamaan kepentingan yang kuat," kata PM Singh.

Pada September 2009, Presiden India Pratibha Patil juga mengunjungi Rusia untuk membicarakan peningkatan perdagangan dan kerja sama nuklir.

Moskow berusaha memperbarui hubungan dengan negara sekutunya pada era Perang Dingin itu, dan ingin tetap mempertahankan posisinya sebagai pemasok utama persenjataan India, di tengah meningkatnya persaingan dari AS dan Israel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.