Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebaskan Gilad Shalit!

Kompas.com - 12/03/2010, 03:59 WIB

STRASBOURG, KOMPAS.com - Para anggota parlemen Eropa, Kamis (11/3/2010), secara resmi minta "pembebasan segera" tentara Israel sandera Gilad Shalit yang ditangkap oleh gerilyawan Hamas hampir empat tahun lalu. "Orang muda itu tinggal di gua, tak punya hak berkunjung, tidak ada dokter, tidak ada pengacara, tidak ada surat, tidak ada pemeriksaan pengadilan (dan) tidak ada Konvensi Jenewa (mengenai hak asasi manusia)," kata anggota parlemen liberal Belgia Frederique Ries.
   
Ia berbicara dalam debat di majelis Strasbourg parlemen Eropa, disaksikan oleh ayah Shalit, Noam.
   
Resolusi parlemen juga "meminta Hamas untuk membolehkan Komite Palang Merah Internasional untuk mengunjungi Sersan Shalit tanpa penangguhan, dan untuk mengizinkannya berkomunikasi dengan keluarganya".
   
Kepala urusan luar negeri EU Catherine Ashton, yang akan mengunjungi Israel akhir bulan ini, dan yang sudah diberi izin untuk masuk Gaza, telah menemui ayah Shalit dengan singkat Rabu.
   
Israel menurut laporan telah siap untuk membebaskan sekitar 450 tawanan Palestina sebagai pertukaran bagi Shalit, yang juga memegang kewarganegaraan Perancis. Ia ditangkap dalam serangan lintas perbatasan yang mematikan dari Gaza oleh para pejuang Hamas pada Juni 2006.
   
PM Benjamin Netanyahu mengatakan, Selasa, bahwa Israel masih menunggu jawaban dari Hamas, tiga bulan setelah mengajukan tawaran terakhirnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com