Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTI Demo Tolak Obama ke Indonesia

Kompas.com - 06/03/2010, 13:08 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sekitar 20 orang dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Sabtu (6/3/2010), berunjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Mereka menyampaikan sikapnya menolak rencana kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia pada pertengahan Maret mendatang.

"Prinsipnya, kami menolak kedatangan Obama ke Indonesia, karena dia adalah pemimpin negara penjajah dunia Islam," ujar Juru Bicara HTI Muhammad Ismail Yusanto di sela aksinya.

Ia menuturkan, selain pemimpin negara penjajah, misi Obama ke Indonesia hanyalah untuk memperkuat kepentingan politik dan ekonomi AS di Indonesia. Sementara mengenai riwayat Obama yang pernah tinggal dan bersekolah di Jakarta, Ismail menegaskan, hal itu tidak bisa dijadikan dasar untuk mengistimewakan Obama.

"Penilaian terhadap Obama harus didasarkan pada apa yang telah dilakukannya selama menjabat Presiden AS," ungkapnya.

Hingga kini, aksi penolakan masih terus berlangsung, tetapi tidak sampai menyebabkan kemacetan lalu lintas di kawasan Jalan Pemuda. Dalam aksi itu tampak pula belasan aparat kepolisian dari Polsek Genteng Surabaya mengawal demo dengan penjagaan ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com