Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuh Gadis Usia 12 Tahun Dihukum Mati

Kompas.com - 05/03/2010, 16:42 WIB

CHANGCHUN, KOMPAS.com — Pria terdakwa yang menganiaya dan membunuh seorang gadis berusia 12 tahun dieksekusi mati pada Jumat (5/3/2010) di pengadilan Provinsi Jilin, China timur laut, demikian pernyataan yang dikeluarkan pengadilan setempat.

Han Yuewu (31), yang membunuh seorang gadis berinisial Guo pada 23 Januari 2009 di toko miliknya di kota Jiutai, ditangkap pada 27 Januari 2009, kata Pengadilan Rakyat Tingkat Kota Changchun dalam satu pernyataan.

”Guo mendatangi toko tersebut untuk membeli sebuah celengan berupa anak babi ketika ia dibunuh,” katanya.

Han divonis mati oleh Pengadilan Rakyat Tingkat Menengah Changchun dan diperintahkan untuk membayar denda 230.000 yuan (33.686 dollar AS) sebagai kompensasi bagi keluarga korban.

Ia telah naik banding ke Pengadilan Rakyat Tingkat Tinggi Provinsi Jilin, tetapi keputusan bandingnya itu memperkuat putusan sebelumnya pada Oktober 2009.

Hukuman mati Han itu telah disahkan Mahkamah Agung Rakyat China. ”Han dinyatakan bersalah. Korban adalah seorang gadis kecil dan Han membunuh dia dengan sangat kejam,” kata pernyataan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com