Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Pernah di Jakarta, "Si Macan Tua" Kaget

Kompas.com - 05/03/2010, 09:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Seniman jazz Roy Hargrove (40) agak kaget ketika diberi tahu bahwa Presiden Barack Obama pernah menghabiskan masa kecil di Jakarta. ”O, really...? Saya benar-benar baru tahu sekarang ini,” kata Hargrove yang ditemui Kompas di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (4/3/2010) siang.

Trumpetis kelahiran Texas, Amerika Serikat, itu akan tampil di Jakarta International Java Jazz Festival hari Jumat malam ini. Ia tampil bersama kelompok Roy Hargrove Quintet. Inilah untuk pertama kali Hargrove menginjakkan kaki di Indonesia.

Jangan tanya jazz jenis apa yang dimainkan Hargrove. Ia menjelajah rasa jazz latin, mainstream sampai yang berasa hiphop, seperti yang ia mainkan bersama kelompoknya yang lain, yaitu RH Facrtor. Baginya, jazz bukan masalah genre, melainkan bagaimana seseorang menyampaikan jazz.

”Itu mengapa jazz bisa dimainkan di mana saja di belahan dunia ini,” kata Hargrove yang pernah merilis album Habana sampai Emergence itu.

Hargrove pernah disebut-sebut sebagai bagian dari barisan "Young Lions" atau "Singa Muda" jazz di pelataran jazz Amerika era 1990-an. ”Ah, saya tidak muda lagi. Oktober tahun lalu, usia saya sudah 40 tahun,” kata pria berperawakan kecil dengan tinggi sekitar 165 sentimeter itu.

Kalau bukan lagi sebagai "Singa Muda", lalu apa? ”Mungkin 'Old Tiger', 'Macan Tua', ha-ha....” (XAR)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com