Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Cile Diikuti 11 Gempa Susulan

Kompas.com - 27/02/2010, 20:36 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com — Dalam waktu 2,5 jam setelah gempa berkekuatan 8,8 skala Richter mengguncang Cile, US Geological Survey mencatat ada 11 gempa susulan. Lima di antaranya berkekuatan 6,0 SR atau lebih. Gempa utama berlangsung selama 90 detik.

Dalam tayangan televisi Cile, menyusul gempa tersebut, gedung-gedung tampak roboh, mobil-mobil remuk tertimpa bangunan, dan jalanan menjadi retak. Puluhan warga terlihat berhamburan keluar rumah, banyak di antaranya membawa kopor dan tas.

Akibat gempa berkedalaman 35 km yang terjadi pada pukul 03.34 waktu setempat atau pukul 13.34 WIB itu, menurut pernyataan terakhir yang dikeluarkan Presiden Cile Michele Bachelet, korban tewas telah menembus angka 78 orang.

Kondisi kerusakan yang parah membuat Presiden Bachelet mengumumkan keadaan bencana di Cile. Meski begitu, ia mengimbau warga agar tidak panik dan menghindari bepergian karena kondisi gelap gulita menyusul padamnya aliran listrik. "Masyarakat diminta tetap tenang. Kami akan melakukan segala hal yang diperlukan dengan segala kekuatan yang kita miliki. Semua informasi yang berkembang akan segera disebarkan," ujar Bachelet.

Gempa hebat ini berpusat sekitar 325 kilometer barat daya ibu kota Cile, Santiago, dan sekitar 115 kilometer dari Concepcion, kota kedua terbesar di Cile.

Gempa itu sangat dahsyat dan berlangsung cukup lama. Marco Vidal, seorang warga yang berada di Santiago, mengatakan, "Mulanya benda-benda berjatuhan, lalu ada gelombang bergerak dari selatan ke utara, menggoyangkan segalanya."

Adapun Cynthia Iocono, saksi dari Linwood, Pennsylvania, mengira gempa itu adalah kereta yang lewat. "Namun saya sadar, tidak ada kereta di sini. Lalu lampu mulai berjatuhan disusul televisi yang seperti terlempar ke lantai," ungkapnya.

Di Santiago, gedung-gedung modern dibangun dengan teknologi antigempa. Namun, banyak bangunan tua yang tak berhasil menahan goncangan, termasuk gereja Nuestra Senora de la Providencia, yang loncengnya jatuh. Banyak bangunan apartemen dan gedung parkir yang ambruk sehingga mobil-mobil di bawahnya remuk.

Sebelumnya sempat ada peringatan tsunami yang disebarkan ke beberapa lokasi. Namun, peringatan itu telah dicabut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com