Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Ini Tewas Dimakan Ikan Paus

Kompas.com - 25/02/2010, 17:18 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Seorang perempuan pelatih meninggal akibat serangan ikan paus pembunuh, Rabu (24/2/2010) malam di Seaworld Orlando, Florida. Demikian dilaporkan pihak berwenang.

Para petugas Pemadam Orange County mengatakan kepada wartawan, pelatih yang berusia 40 tahun itu, Dawn Brancheau, terpeleset dan jatuh ke dalam kolam ikan paus tanpa sengaja. Dia kemudian tenggelam hingga tewas selama diserang ikan paus pembunuh.

"Pelatih tersebut tewas beberapa saat sebelum pertunjukan dimulai. Stadion itu kemudian segera dikosongkan," katanya.

Petugas penolong mengatakan bahwa regu penyelamat tiba di lokasi kejadian segera setelah menerima pemberitahuan darurat. Namun, mereka mendapati korban sudah meninggal. Kantor Sheriff Orange County telah menutup taman tersebut dan sedang melakukan penyelidikan.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Seaworld Orlando, Dan Brown, mengatakan bahwa korban adalah pelatih yang sangat berpengalaman dan telah bekerja di taman itu sejak 1990-an.

"Staf taman tersebut menghadapi masa yang sangat sulit setelah kecelakaan itu," katanya.

Menurut stasiun televisi lokal WKMG-6, penyerangnya adalah ikan paus yang berusia 30 tahun dan diberi nama Tilikum. Ikan paus tersebut tak memiliki pelatih di kolamnya karena terlalu besar.

Ada laporan yang berbeda mengenai bagaimana kecelakaan tersebut terjadi. Orlando Sentinel, yang mengutip keterangan seorang penonton, melaporkan bahwa ikan paus itu meloncat keluar dari air dan merenggut pinggang pelatih tersebut.

Meskipun Kantor sheriff memberikan perkiraan awal bahwa pelatih itu terpeleset dan jatuh ke dalam kolam, kantor tersebut masih melakukan penyelidikan.

Taman di Florida itu dimiliki oleh Blackstone Group, perusahaan swasta yang juga memiliki sebagian saham taman Universal Park.

Juru bicara Seaworld di San Diego mengatakan, untuk sementara pertunjukan ikan paus dihentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com