Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

United Airlines Dihantam Badai, 16 Penumpang Cedera

Kompas.com - 21/02/2010, 02:11 WIB

NARITA, Kompas.com - Pesawat Boeing 747-400 milik maskapai penerbangan Amerika Serikat, United Airlines, terhantam badai di negara bagian Alaska. Akibatnya, 16 orang yang berada di dalamnya cedera.

Demikian penuturan polisi dan otoritas transportasi pada Sabtu (20/2/10) pagi waktu setempat. Badai itu menghantam pesawat dengan nomor penerbangan 897, yang sedang dalam penerbangan dari Washington menuju Narita pada pukul 10.55 waktu setempat.

Pesawat yang membawa 264 orang terkena badai pada ketinggian 9.600 meter ketika sedang turun ke ketinggian 9.200 meter dari ketinggian 9.700 meter. Kemudian pesawat tersebut mendarat dengan selamat di Narita pada pukul 15.45 waktu setempat, tambahnya.

Semula dilaporkan 17 orang cedera tapi kemudian hanya 16 orang luka-luka yang kemudian dibawa ke rumah sakit oleh helikopter dan alat transportasi lain, kata sumber-sumber tersebut.

Pesawat itu berangkat dari Bandara Dulles International sekitar pukul 2:40 dinihari Sabtu, waktu Jepang. Seorang profesor dari Fukuoka yang naik pesawat itu mengatakan kepada Kyode News, "Pesawat berguncang kuat di atas wilayah Alaska dua kali atau sekitar tujuh jam sebelum kedatangan."

"Banyak penumpang terlempar dari tempat duduk mereka, terhempas mengenai langit-langit," katanya.

Karena pesawat itu terdaftar di AS dan kecelakaan terjadi di luar wilayah udara Jepang, otoritas AS akan memerika kasus tersebut.

Kapten pesawat tersebut tidak mengingatkan pengawas lalu lintas udara di bandara Narita tentang kecelakaan tersebut atau menyatakan bahwa pesawat dalam keadaan darurat, dan pengawas memperoleh informasi dari petugas di Narita International Airport Corp., demikian sumber-sumber tersebut.

Insiden serupa juga pernah terjadi di wilayah udara Jepang pada 20 Februari dan 3 Maret tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com