Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Korban Gempa Haiti Masih Butuh Bantuan

Kompas.com - 18/02/2010, 23:06 WIB

LA GRANJA, KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hari Kamis kembali menyerukan pentingnya bantuan tenda untuk puluhan ribu orang korban gempa bumi yang kehilangan tempat tinggal.

"Kami khawatir, sebagian besar korban kurang tertampung, padahal musim hujan akan dimulai. Bagaimana dengan kesehatan mereka," kata Edmond Mulet, Sekretaris Jenderal Misi Stabilisasi PBB di Haiti.

"Kita perlu kakus, tenda-tenda lapangan, lembaran plastik untuk mereka berlindung dari hujan. Saya berpikir kita tidak akan mampu melindungi semua orang-orang ini pada waktunya," tuturnya pada pertemuan menteri-menteri pembangunan Uni Eropa di La Granja, Spanyol.

"Negara-negara anggota Uni Eropa dan Komisi Eropa harus bekerja sama untuk memberikan tempat berlindung ke Haiti ini secepat mungkin," katanya.

Seperti diketahui, gempa bumi 12 Januari silam menelan lebih dari 217.000 jiwa dan meninggalkan sekitar 1,2 juta orang kehilangan tempat tinggal.

Musim hujan tropis akan segera dimulai dan musim angin topan Karibia dimulai pada 1 Juni, sementara kanal-kanal drainase ibu kota Haiti masih terhambat dengan sampah dan puing-puing dari gempa bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com