Bom Mobil Bunuh Diri Koyak Ramadi, 10 Tewas

Kompas.com - 18/02/2010, 17:30 WIB
Editoraegi

RAMADI, KOMPAS.com — Sedikitnya 10 orang tewas, termasuk empat polisi dan seorang perempuan muda, ketika sebuah bom mobil bunuh diri menghantam sebuah pos pemeriksaan dekat kantor pemerintah Ramadi di barat Irak, Kamis (18/2/2010).

Ledakan itu, yang juga menyebabkan 15 orang terluka, merupakan serangan terbesar ketiga dengan sasaran gedung pemerintah di Ramadi, ibu kota utama dari Provinsi Anbar yang mayoritas Sunni, sejak Oktober dan menjelang pemilihan umum Irak.

"Mereka sedang berupaya melemahkan proses politik dan mencegah kami mengambil bagian dalam pemilu," kata Mohammed Dulaimi, pemilik restoran yang rusak parah akibat ledakan tersebut. "Mereka menginginkan kami kehilangan kesempatan untuk memilih, karena kami tewas duluan," katanya merujuk ke sebuah boikot kaum Sunni dalam pemilu legislatif tahun 2005.

Ledakan yang terjadi pada 11.00 waktu setempat atau 15.00 WIB itu merusak sejumlah mobil, toko sepatu, serta restoran. "Seluruh kawasan itu telah ditutup," kata seorang petugas keamanan.

"Kami telah menerima 10 jenazah hingga sekarang, di antara mereka terdapat empat polisi dan seorang gadis," kata seorang dokter di rumah sakit umum di Ramadi.

Ledakan hari ini terjadi tiga minggu sebelum pemilihan anggota parlemen Irak pada 7 Maret mendatang yang merupakan pemilihan nasional kedua sejak Presiden Saddam Hussein digulingkan tahun 2003 dalam invasi pimpinan Amerika. Pemilihan itu dilihat sebagai uji coba penting bagi rekonsiliasi nasional Irak yang tercabik-cabik oleh pertumpahan darah sektarian selama tujuh tahun terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.