Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Irak Diculik di Depan Rumah

Kompas.com - 18/02/2010, 01:37 WIB

KIRKUK, KOMPAS.com - Penculikan terhaap wartawan lagi-lahi terjadi. Kemarin, seorang wartawan Irak diculik di Kirkuk, Irak utara.

Hussam Dawood Lazim, seorang Syiah yang berusia 22 tahun, diculik di depan rumahnya di Kirkuk timur sekitar pukul 13.00 waktu setempat oleh empat orang bersenjata yang naik mobil sipil berwarna hijau.

Menurut kepala kantor kelompok itu di Kirkuk, Raad Al Sarkhy, Lazim bekerja untuk stasiun radio dan televisi Al Ahad, yang dikendalikan oleh blok yang setia pada ulama garis keras Syiah Moqtada Al Sadr

Wartawan itu juga menulis untuk surat kabar Al-Nassar, yang juga dikendalikan oleh kelompok Sadr. "Saya menganggap penculikan ini memiliki alasan politis dan mungkin sektarian," katanya kepada AFP.
       
Organisasi Wartawan Tanpa Batas dalam terbitan Kebebasan Pers 2009 menempatkan Irak pada posisi 145 dari 175 negara dalam hal kebebasan media.

Observatorium Kebebasan Jurnalistik yang berkantor di Baghdad, sebuah organisasi pembela media, mengatakan, 247 orang media, sebagian besar dari mereka warga Irak, tewas sejak invasi pimpinan AS pada 2003.

Kekerasan dan intimidasi diperkirakan meningkat dalam pekan-pekan menjelang pemilihan parlemen Irak pada 7 Maret, pemilu yang kedua sejak Saddam Hussein digulingkan dari kekuasaan oleh invasi pimpinan AS pada 2003.

Penculikan itu dan serangan-serangan mematikan beberapa waktu terakhir ini menggarisbawahi rapuhnya keamanan di Irak menjelang pemilu tesebut.

Hampir 400 orang tewas dan lebih dari 1.000 lain cedera tahun lalu dalam serangan-serangan bom terkoordinasi di sejumlah gedung pemerintah, termasuk kementerian-kementerian keuangan, luar negeri dan kehakiman pada Agustus, Oktober dan Desember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com