Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban: Mullah Baradar Berada di Afganistan

Kompas.com - 16/02/2010, 16:42 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Taliban membantah laporan yang menyatakan komandan militer tertingginya, Mullah Abdul Ghani Baradar, telah tertangkap dalam sebuah operasi intelijen Pakistan dan CIA di Karachi.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan, Mullah Baradar masih berada di Afganistan dan aktif mengorganisasi kelompok-kelompok militer dan melakukan kegiatan politik. "Dia tidak tertangkap. Mereka ingin menyebarkan rumor ini untuk memecah-mecah perhatian orang dari kekalahan mereka di Marjah dan untuk membingungkan publik," kata Zabihullah Mujahid, juru bicara itu, kepada Reuters.

Ia mengacu kepada serangan NATO pimpinan AS di Provinsi Helmad, Afganistan, beberapa hari terakhir ini.

Polisi dan pejabat pemerintahan Pakistan di Karachi mengatakan, mereka tidak mengetahui apa pun tentang penangkapan Baradar. "Saya tidak mengetahuinya," kata Kepala Polisi Karachi Waseem Ahmed. Juru bicara pemerintah dan militer juga tidak bersedia untuk memberikan komentar.

Pihak Gedung Putih, CIA, dan Pentagon juga menolak untuk memberikan komentar terhadap operasi tersebut.

Harian New York Times dalam laporannya Senin, yang kemudian dikutip Reuters, Selasa, menyebutkan, komandan tertinggi Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, ditangkap di Karachi, Pakistan, dalam serangan rahasia yang dilakukan oleh pasukan intelijen Amerika Serikat dan Pakistan. Mullah Baradar digambarkan sebagai tokoh paling penting yang berhasil ditangkap sejak dimulainya perang Afganistan delapan tahun lalu. Ia adalah orang kedua setelah pemimpin Taliban, Mullah Muhammad Omar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com