Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Puncak Taliban Ditangkap di Pakistan

Kompas.com - 16/02/2010, 11:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Komandan puncak militer Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, telah ditangkap di Karachi, Pakistan, dalam sebuah serbuan rahasia oleh intelijen AS dan Pakistan.

Harian New York Times yang mengutip sejumlah pejabat pemerintah Amerika Serikat (AS), Senin (15/2/2010), melaporkan, Mullah Baradar telah berada di tahanan Pakistan selama beberapa hari dan sedang diinterogasi oleh intelijen AS dan Pakistan. Mullah Baradar digambarkan sebagai tokoh paling penting yang berhasil ditangkap sejak dimulainya perang Afganistan delapan tahun lalu.

Times mengatakan, tidak jelas apakah dia mau berbicara, tetapi harian itu mengutip para pejabat yang mengatakan, penangkapan Baradar dapat mengungkap keberadaan para petinggi senior Taliban lainnya. Mereka menyuarakan harapan bahwa Mullah Baradar dapat memberikan lokasi tentang keberadaan pemimpin Taliban, Mullah Muhammad Omar.

Menurut Times, operasi penangkapan Mullah Baradar dilakukan oleh lembaga mata-mata militer Pakistan, Directorate for Inter-Services Intelligence (ISI), yang didampingi operasi CIA.

Koran itu mengatakan, pihaknya telah mengetahui operasi tersebut pada Kamis pekan lalu, tetapi menunda untuk melaporkan hal itu atas permintaan pejabat Gedung Putih. Menurut pertimbangan Gedung Putih, pengungkapan operasi itu akan mengakhiri usaha intelijen yang paling sukses.

Times mengatakan, operasi itu diberitakan sekarang karena pejabat Gedung Putih kemudian mengetahui bahwa kabar tentang penangkapan itu telah meluas ke Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com