Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlibat Pembunuhan Pejabat Militer, 8 Warga Irak Ditahan

Kompas.com - 13/02/2010, 03:29 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Delapan warga Irak telah ditangkap karena terlbat dalam pembunuhan enam pejabat polisi militer Inggris di sebuah kota terpencil di Irak pada 2003 lalu.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, keenam pejabat itu, anggota unit yang dikenal sebagai "Topi Merah", tewas pada Juni 2003 di Majjar ketika sejumlah warga yang marah menyerang sebuah pos polisi.

Inggris bergabung dengan serangan pimpinan AS di Irak pada Maret 2003 untuk menjatuhkan presiden Saddam Hussein.

Militer Inggris pada waktu itu menyatakan bahwa kejadian tersebut berasal dari salah pengertian antara tentara dan warga mengenai pencarian senjata.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan mengatakan pemerintah Irak mengindikasikan ada cukup bukti untuk mengadili delapan tersangka yang sekarang dalam tahanan di Irak itu.

"Pemerintah Inggris berkomitmen untuk melihat para pembunuh keenam personel Polisi Militer Kerajaan itu dijatuhi hukuman setimpal," tegas kementerian tersebut dalam pernyataannya.

"Kami akan membantu pemerintah dalam setiap cara yang mungkin untuk menjamin penghukuman, termasuk akses ke material dan keahlian investigatif Inggris."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com