Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Baru Rusia Lakukan Terbang Perdana

Kompas.com - 29/01/2010, 15:14 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Sebuah jet tempur baru Rusia, yang dibuat secara sangat rahasia sebagai bagian dari rencana modernisasi peralatan militer, sukses melakukan terbang perdana, Jumat (29/1/2010).

Jet generasi keenam buatan pabrik Sukhoi dan terkenal dengan sebutan PAK FA itu melakukan penerbangan lebih dari 45 menit di pangkalan Komsomolsk-on-Amur di wilayah Timur Jauh, Rusia. "Penerbangan itu berjalan sukses. Peristiwa ini berlangsung 47 menit. Semua hal yang ditetapkan untuk penerbangan pertama berhasil diselesaikan," kata juru bicara Sukhoi, Olga Kayukova, kepada kantor berita Rusia, Interfax.

Interfax mengatakan, jet baru itu memiliki kemampuan terbang lama dengan kecepatan melampaui kecepatan suara dan mampu menyerang sasaran yang berbeda dalam waktu bersamaan.

Rusia sedang memperbarui peralatan militernya. Untuk sebagian peralatan perang, Angkatan Udara Rusia masih menggunakan banyak peralatan dari era Soviet dan sudah sering mengalami kecelakaan.

Menurut Interfax, pesawat tempur baru yang mulai dibuat sejak tahun 1990-an itu dijadwalkan sudah sepenuhnya dapat menjadi peralatan pasukan tempur pada tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com