Wah... Wah... Presiden Sudan Dilempar Sepatu?

Kompas.com - 26/01/2010, 03:55 WIB
Editortof

KHARTUM, KOMPAS.com — Entah apa yang ada di benak Presiden Sudan Omar Hassan Al Bashir, boleh jadi ia mungkin sangat malu setelah Senin kemarin seorang pria melemparnya dengan sepatu dalam sebuah konferensi publik di ibu kota. Melemparkan sepatu adalah penghinaan dalam budaya Arab.  

Seorang saksi mengatakan, pria tak dikenal itu ditahan oleh sekitar 10 pengawal presiden meski sepatu yang dilemparnya tak mengenai orang yang diburu oleh pengadilan pidana internasional atas kejahatan perang yang dilakukannya di wilayah Darfur.

Kantor berita negara Suna melaporkan, tidak jelas mengapa pria itu melemparkan sepatu saat menghadiri konferensi. Kuat dugaan, dia mengalami masalah dengan kejiwaan.

Dalam budaya Arab, menunjukkan telapak sepatu (melempar) kepada seseorang merupakan sesuatu yang kasar. Utuk menjalankan ibadah, sepatu mesti ditinggalkan di depan pintu masjid.

Mantan Presiden AS George W Bush sebelumnya juga menerima penghinaan serupa ketika tahun 2008 seorang wartawan Irak melemparkan kedua sepatu kepadanya. "Orang itu dekat dengan podium dan melemparkan sepatu, tapi tidak mengenainya," kata seorang saksi.

Ia mengatakan, insiden itu tampaknya mengejutkan puluhan pejabat yang berkumpul untuk konferensi membicarakan rencana strategis memerintah Sudan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.