Inilah Penyebab Imigran Gelap di Surabaya Melarikan Diri

Kompas.com - 20/01/2010, 15:32 WIB
Editormbonk

SURABAYA, KOMPAS.com  - Tujuh orang asing yang menghuni Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya berhasil melarikan Selasa subuh (19/1/2010). Kejadian itu dikarenakan keterbatasan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM).

Ketua Bidang Intelijen Penindakan dan Sistem Informasi Keimigrasian (inteldak & Sisinfokim) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur Wiratsongko Utaryo mengemukakan, fasilitas Rudenim Surabaya di Perak sangat terbatas.

Selain tidak memadai untuk menampung deteni karena bangunan itu semula hanya untuk kantor, petugas yang menjaga hanya dua orang. Mereka jaga bergantian tiap minggu, sehari 24 jam mengamankan Dudenim yang menampung maksimal 15 orang ini.  "Tidak mungkin mengandalkan mereka saja," paparnya.

Sementara pembangunan Rudenim Surabaya di Desa Raci Pasuruan masih terbengkalai. Tidak adanya anggaran untuk bangunan berkapasitas 100 orang itu menyebabkan penampungan hanya terbatas di Rudenim Perak Surabaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.