Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Deteni Melarikan Diri

Kompas.com - 19/01/2010, 17:45 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tujuh dari sembilan deteni, orang asing penghuni Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim), di Tanjung Perak Surabaya melarikan diri. Mereka menjebol dinding salah satu ruang detensi itu pada Selasa (19/1/2010) sekitar pukul empat pagi.

Para deteni asal Afganistan yang melarikan diri yaitu Qurban Ali, Shahcaman Ghulan Nabi, Ahmad Shah, Sid Sijjat, Ghulam Reza Haidrai, Muhammad Syah, serta Izzat Ali. "Dua orang lainnya tertangkap, yaitu Ibrahim Ali Jan dan Muhammad Alam," ungkap Kepala Rudenim Tanjung Perak Djarot Sutrisno.

Tidak diketahui persisnya kapan mereka merencanakan pelarian tersebut. Setelah kejadian, petugas baru menemukan lubang di dinding sebelah atas yang telah dijebol. Mereka merusak dinding dengan cara mengeruk menggunakan shower yang dilepas dari kamar mandi.

Diperkirakan semua imigran akan berusaha ke kantor Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) di Jakarta. Sebagai gambaran, semula terdapat 17 imigran gelap asal Afganistan dan empat orang asal Irak yang diamankan karena berstatus illegal entry dan illegal stay.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com