Terjatuh dari Atas Atap, Imigran Gelap Gagal Larikan Diri

Kompas.com - 19/01/2010, 17:40 WIB
Editorjimbon

SURABAYA, KOMPAS.com — Seluruh deteni yang melarikan diri tersebut berasal dari Afganistan dan menghuni Rudenim di kawasan Perak sejak akhir Desember 2009. "Pelarian mereka diketahui saat salah satu deteni terjatuh dari atas atap," ungkap Kepala Rudenim Tanjung Perak Djarot Sutrisno.

Harmawan, petugas keamanan yang berjaga saat deteni melarikan diri, mengaku sedang tertidur di dekat pintu. Tiba-tiba dia mendengar ribut-ribut yang belakangan diketahui bahwa para imigran asal Afganistan tersebut berusaha melarikan diri dengan menjebol dinding dan naik ke atap bangunan.

"Saya keluar dan mengejar mereka, tapi yang tertangkap hanya dua. Yang lain lolos," ujarnya.

Semua imigran itu melanggar Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1992 tentang Keimigrasian. Sesuai Pasal 48 dan Pasal 53, mereka diancam pidana penjara maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 30 juta.

Imigran gelap Afganistan yang melarikan diri tersebut meliputi Qurban Ali, Shahcaman Ghulan Nabi, Ahmad Shah, Sid Sijjat, Ghulam Reza Haidrai, Muhammad Syah, dan Izzat Ali. Adapun dua orang yang tertangkap adalah Ibrahim Ali Jan dan Muhammad Alam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.