Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Haiti Siap Kembali

Kompas.com - 15/01/2010, 23:08 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Mantan presiden Haiti, Jean Bertrand Aristide, yang diasingkan di Afrika Selatan sejak 2004, menyatakan "siap" untuk kembali dan membantu membangun kembali negaranyan yang dilanda bencana gempa bumi.

"Saya siap berangkat hari ini, besok, atau kapan saja untuk bergabung dengan orang-orang Haiti, untuk berbagi dalam penderitaan mereka, dan membantu membangun kembali negara," katanya kepada wartawan, Jumat.

"Teman-teman dari seluruh dunia telah mengkonfirmasi kesediaan mereka untuk mengorganisasi sebuah pesawat yang membawa perlengkapan medis, kebutuhan darurat dan kami," katanya.

Aristide (56) adalah pemimpin pertama Haiti yang terpilih secara demokratis. Ia terpaksa melarikan diri saat terjadi pemberontakan tahun 2004.

"Seperti kita semua tahu, banyak orang masih terkubur di bawah puing-puing reruntuhan menunggu untuk diselamatkan. Ketika kita berpikir tentang penderitaan itu, kami merasa sangat penting bahwa kita harus berada di sana, di Haiti, dengan mereka, melakukan yang terbaik untuk mencegah kematian. "

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com