Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Janjikan 100 Juta Dollar AS untuk Haiti

Kompas.com - 15/01/2010, 15:29 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (14/1/2010), menjanjikan bantuan 100 juta dollar AS untuk mendukung upaya pertolongan dan pemulihan Haiti setelah diguncang gempa dahsyat, Selasa. Dana 100 juta dollar AS itu, kata Obama, untuk mendukung upaya pemulihan, membeli peralatan kesehatan, makanan, air, dan obat-obatan.

Obama mengatakan, Haiti tidak akan ditinggalkan atau dilupakan. Amerika, katanya, berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Haiti. "Jauh sebelum tragedi ini, kehidupan harian sering merupakan perjuangan yang pahit. Dan setelah menderita begitu lama, menghadapi horor baru ini, bisa saja menimbulkan pertanyaan, apakah kami telah ditinggalkan," kata Obama dalam sebuah pidato di Gedung Putih.

Ia melanjutkan, "Kepada warga Haiti, kami sampaikan dengan jelas, dan yakin, Anda tidak akan ditinggalkan, Anda tidak akan dilupakan. Dalam hal ini, Amerika bersama kalian, dunia juga bersama kalian."

Obama mengatakan, upaya-upaya pertolongan yang sedang berlangsung adalah yang terbesar dalam sejarah Amerika belakangan ini. Ia mengatakan, Amerika mengerahkan kapal induk USS Carl Vinson dan sebuah kapal rumah sakit angkatan laut ke Haiti.

Kontingen tentara Amerika dijadwalkan akan tiba di negara itu pada Kamis malam waktu setempat. Obama juga telah berbicara dengan dua mantan Presiden Amerika, Bill Clinton dan George W Bush, untuk meminta mereka ikut serta dalam upaya-upaya pertolongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com