Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Orang Asal Bali Akhirnya Ditemukan Selamat di Haiti

Kompas.com - 15/01/2010, 10:31 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Sebanyak tiga warga negara Indonesia (WNI) asal Bali yang tidak diketahui nasibnya sejak gempa bumi menewaskan ribuan orang di Haiti, Selasa (12/1/2010), akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat. "Saya baru saja mendapat kabar melalui surat elektronik bahwa ketiganya sudah ditemukan. Alhamdulillah semuanya dalam keadaan selamat," kata Kuasa Usaha Ad Interim Perwakilan Tetap RI untuk PBB, Duta Besar Hasan Kleib, kepada Antara, Kamis malam.

Kepastian ditemukannya ketiga orang itu, yang masing-masing bernama Ni Luh Made Juini, Ni Ketut Yastri Astiti, dan I Gusti Ayu Putu Sukerti, diperoleh Dubes Hasan pada Kamis malam dari dua relawan Indonesia di Haiti, yaitu Endang Satriyani dan Yogi Anggoro. Endang dan Yogi adalah dua warga negara Indonesia yang bekerja di Haiti sebagai sukarelawan Misi Stabilisasi PBB di Haiti (MINUSTAH) dan berhasil menyelamatkan diri dari markas MINUSTAH yang runtuh diguncang gempa 7 skala Richter pada Selasa itu.

Belum diketahui bagaimana ketiganya ditemukan, tetapi menurut Endang dan Yogi, dalam proses pencarian ketiga orang itu mereka didukung polisi MINUSTAH.

Sebagaimana diberitahukan oleh Endang dan Yogi, Ni Luh Made Juni, Ni Ketut Yastri Astiti, dan I Gusti Ayu Putu Sukerti untuk sementara saat ini tinggal di Hotel Caribee, tempat mereka selama ini bekerja, di Port-au-Prince, ibu kota Haiti. Ketiganya masih memegang paspor Indonesia. "Kami sangat berterima kasih kepada Endang dan Yogi yang melakukan upaya pencarian terhadap ketiga warga kita itu," kata Hasan Kleib.

Hasan mengatakan, pihaknya belum dapat berkomunikasi langsung dengan ketiga warga negara Indonesia itu karena saluran komunikasi di Haiti praktis terputus akibat gempa. Hasan sendiri sebelumnya pada Kamis siang waktu setempat mendatangi Wakil Tetap Haiti untuk PBB di New York, Leo Merores, antara lain untuk meminta pemerintah Haiti membantu pencarian ketiga WNI serta kemungkinan adanya warga negara Indonesia lainnya yang masih belum diketahui keberadaannya pascagempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com