Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Pakistan Tembak Mati Prajurit India

Kompas.com - 12/01/2010, 04:58 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com - Pasukan Pakistan menembak mati seorang prajurit penjaga perbatasan India, Senin. Penembakan itu terjadi saat kontak senjata di distrik pegunungan Poonch, sekitar 500 kilometer sebelah selatan Srinagar, ibukota musim panas Kashmir India.

"Prajurit itu tewas dalam penembakan dari seberang Garis Pengawasan," kata seorang juru bicara Pasukan Keamanan Perbatasan India, menunjuk pada perbatasan de fakto itu.

Ia menyalahkan pasukan Pakistan atas penembakan tersebut dan menyebutnya sebagai pelanggaran lain atas gencatan senjata yang dilakukan oleh orang Pakistan.

Pasukan India membalas tembakan itu, namun belum diketahui apakah ada korban di sisi perbatasan Pakistan.

Perbatasan de fakto memisahkan Kashmir antara India dan Pakistan, dua negara berkekuatan nuklir yang mengklaim secara keseluruhan wilayah itu.

Dua dari tiga perang antara kedua negara itu meletus karena masalah Kashmir, satu-satunya negara bagian yang berpenduduk mayoritas muslim di India.       

Gencatan senjata disepakati di sepanjang Garis Pengawasan pada 2003 dan perundingan perdamaian dimulai pada tahun berikutnya. Sejak itu, terjadi bentrokan-bentrokan sporadis dan kedua pihak saling melontarkan tuduhan mengenai pelanggaran gencatan senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com