Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bangun Tembok Penghalang di Perbatasan

Kompas.com - 11/01/2010, 02:43 WIB

GAZA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu hari Minggu menyetujui rencana mendirikan sebuah penghalang di sepanjang perbatasan Israel dengan Mesir dan memasang peralatan pertahanan guna mencegah masuknya imigran ilegal dan kelompok militan.

"Saya mengambil keputusan untuk menutup perbatasan selatan Israel bagi penyusup dan teroris. Ini adalah keputusan strategis untuk mengamankan warga Yahudi Israel," kata Netanyahu dalam pernyataannya.

Ribuan warga Afrika dan imigran lainnya datang ke Israel melalui perbatasan dengan Mesir selama beberapa tahun terakhir. Konflik membuat mereka melarikan diri dari rumah menuju
negara Yahudi untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Netanyahu mengatakan, Israel akan menerima pengungsi dari zona konflik tetapi mereka tidak bisa membiarkan puluhan ribu pekerja ilegal yang menyusup ke Israel melalui perbatasan selatan dan membanjiri negara meeka dengan orang asing ilegal.

Untuk diketahui, proyek ini menelan biaya 1 miliar shekel ($ 270 juta) dan akan memakan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com