Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membalaskan Kematian Mehsud

Kompas.com - 10/01/2010, 04:31 WIB

DUBAI, KOMPAS.com - Aksi bom bunuh diri di Afganistan pada pekan lalu yang menewaskan tujuh anggota Badan Pusat Intelijen AS, CIA, dan seorang mata-mata Jordania diakui oleh pelakunya—yang juga orang Jordania—sebagai aksi balas dendam atas kematian pemimpin perlawanan Taliban, Baitullah Mehsud.

”Ini adalah pesan bagi para musuh bangsa, CIA dan anggota intelijen Jordania,” kata seorang berjenggot dalam seragam militer yang diidentifikasi televisi Timur Tengah, Al-Jazeera, sebagai Balawi, Sabtu (9/1/2010).

Rekaman pesan seorang warga Jordania asal Palestina, Humam Khalil Abu-Mulal al-Balawi, sebelum melakukan aksi bom bunuh diri ini disiarkan di seluruh jazirah Arab, Sabtu kemarin.

Seorang anggota keluarga Balawi di Jordania membenarkan bahwa orang tersebut adalah memang Balawi, yang dulu bersama keluarganya hijrah ke Jordania setelah peristiwa invasi Irak ke Kuwait tahun 1990.

Di dalam video, Balawi menyandang senjata, duduk di samping seorang warga negara Afganistan yang mengenakan sorban, dengan bentangan kain warna hitam bertuliskan huruf Arab.

Sejumlah sumber mengatakan, orang bersorban di samping Balawi adalah Hakimullah Mehsud, yang menggantikan Baitullah Mehsud, pemimpin Taliban yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak milik AS, Agustus silam, di Afganistan.

”Kami katakan kepada Emir Baitullah Mehsud, kami semua tidak akan lupa atas darah yang ditumpahkannya. Bergantung pada kami untuk membalaskan dendamnya di dalam ataupun di luar Amerika,” kata Balawi dalam rekaman.

Balawi meledakkan dirinya di sebuah pangkalan militer di Khost, Afganistan, dekat perbatasan Pakistan pada 30 Desember lalu. Tujuh anggota CIA dan seorang agen intelijen Jordania tewas.

Agen ganda?

Sejumlah sumber intelijen senior Jordania, bahkan juga sejumlah situs di internet, mengatakan, Balawi sebenarnya adalah agen ganda, baik bagi kubu Taliban maupun Jordania yang pro-Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com