Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel akan Beri Kompensasi PBB

Kompas.com - 08/01/2010, 04:03 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah Israel sepakat akan memberi kompensasi kepada PBB atas kerusakan sejumlah gedungnya akibat serangan negara zionis tersebut selama perang Gaza setahun yang lalu .

Juru bicara PBB, Martin Nesirky menolak memberikan angka atau rincian kesepakatan lainnya. Namun sebuah penyelidikan PBB tahun lalu memperkirakan biaya kerusakan properti PBB di Gaza pada Desember 2008 hingga Januari 2009 mencapai  lebih dari $ 11 juta, dan hampir semuanya disebabkan oleh pasukan Israel. Seorang pejabat PBB lain yang tidak ingin namanya diungkap menyebut sekitar $ 10.5 juta.

Israel mengatakan, penyerangan Jalur Gaza itu untuk mengakhiri serangan roket yang dilakukan Hamas ke Israel. Sehingga, keruskan yang terjadi pada gedung  PBB adalah sesuatu yang tidak disengaja. "Kami telah menyepakati sebuah perjanjian, berdasarkan ketentuan-ketentuan yang jelas bahwa Israel akan melakukan pembayaran kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa, " ungkap Nesirky kepada wartawan.

Nesirky mengatakan, masalah sempat muncul saat Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon melakukan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak, terutama karena Israel melihat  tidak ada korban jiwa PBB. Namun kesepakatan kemudian dicapai karena bahanpeledak yang dilemparkan Israel, yang  menghantam kompleks kantor UNRWA mengakibatkan kerusakan parah.

Beberapa sekolah yang dikelola PBB lainnya juga terkena serangan. UNRWA telah memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina. Selama serangan Israel ke Gaza lebih dari 1.400 warga Palestina tewas, termasuk warga sipil dan pejuang Hamas. Sementara di pihak Israel, ada 13 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com