Sistem Antirudal Israel Sukses Tangkal Roket

Kompas.com - 07/01/2010, 05:53 WIB
Editortof

JERUSALEM, KOMPAS.com — Israel telah merampungkan uji coba sistem anti-rudal Iron Dome yang dirancang untuk memberikan tanggapan pada ribuan roket yang ditembakkan Hamas dan Hizbullah ke Israel. Sistem yang dapat mencegat tembakan roket jarak pendek dan artileri ini telah menjalani uji coba terakhir dalam 48 jam.

"Untuk pertama kalinya, Iron Dome telah menghadapi banyak ancaman secara serempak. Semua ancaman itu telah dicegat," ungkap Kementerian Pertahanan Israel.

Dalam pengembangan sistem, tahap berikutnya adalah untuk mencegat serangan ke militer. Israel mengharapkan sistem dapat membuat mereka menghadapi tembakan roket dari Jalur Gaza yang diperintah Hamas dari Lebanon.
    
Gerilyawan Palestina telah menembakkan ribuan roket buatan sendiri ke Israel selatan, yang kemudian mendorong Israel untuk melakukan serangan menghancurkan terhadap gerakan Islam Hamas di Gaza pada 27 Desember 2008.

Kelompok garis keras Lebanon Hizbullah juga telah menembakkan sekitar 4.000 roket ke Israel utara dalam perang dengan Israel pada 2006. Israel saat ini percaya, Hizbullah memiliki arsenal dengan 40.000 roket.

"Jika Iron Dome beroperasi, maka hal itu akan mengubah situasi politik dan keamanan Israel di front utara dan selatan," kata Pinhas Buchrs, Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.