Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga Protes Blokade Israel

Kompas.com - 03/01/2010, 05:40 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Ratusan warga pencinta damai Israel, baik Arab dan Yahudi, hari Sabtu berbaris di pusat kota Tel Aviv untuk memprotes blokade yang diberlakukan oleh Israel di Jalur Gaza.

Para demonstran yang diperkirakan lebih dari 1.000 oleh organisator pawai membawa sejumlah poster berisi slogan-slogan yang mendesak agar Israel memberikan kebebasan dan keadilan untuk Gaza saat mereka menandai ulang tahun pertama perang Israel di Gaza.

Mereka juga menyerukan pencabutan blokade di Hamas yang menguasai daerah itu sebagai basis pantai dan menuduh Israel melaksanakan kejahatan perang di wilayah itu.

Pada 27 Desember 2008, Israel melancarkan serangan besar-besaran terhadap Gaza dalam upaya menghentikan roket Palestina dan mortir. Sekitar 1.400 orang Palestina dan 13 Israel tewas selama konflik 22-hari.

Pada hari Kamis, ratusan orang termasuk aktivis internasional mengadakan protes serupa di kedua sisi persimpangan Erez antara Israel dan Jalur Gaza.

Di antara para pengunjuk rasa sekelompok kecil pria berjanggut anti-Zionis Yahudi memakai pakaian tradisional ultra-Ortodoks sambil memegang pakaian dan tanda-tanda yang berbunyi: "Yudaisme ya, Zionisme tidak ada. Negara Israel harus pergi."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com