Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Kartunis Nabi Muhammad Disusupi

Kompas.com - 02/01/2010, 07:52 WIB

KOPENHAGEN, KOMPAS.com — Polisi Denmark pada Jumat malam menembak dan melukai seorang pria yang berusaha memasuki rumah Kurt Westergaard, orang yang pernah menggambar kartun kontroversial Nabi Muhammad.

Kartunis Denmark, yang telah menerima beberapa ancaman mati sejak surat kabar Denmark menerbitkan gambar Nabi Muhammad mengenakan sorban berbentuk bom empat tahun lalu itu, berada di sebuah rumah di barat Viby dekat Kota Arhus ketika seorang pemuda berusia 27 tahun dan dua orang lain berusaha untuk masuk.

Menurut harian Politiken, penjaga berhasil menghalau tiga penyusup itu setelah mendengar bunyi alarm. Mereka yang terluka dirawat di rumah sakit.

Kantor berita Ritzau melaporkan, selusin kendaraan polisi berada di lokasi, sementara para penjinak bom sedang dikirim untuk mencari bom yang mungkin dibawa sang penyusup.

Polisi Jutlandia saat dihubungi AFP membenarkan sebuah insiden di dekat rumah kartunis berusia 74 tahun itu. Namun ia menolak untuk merinci siapa saja yang menyusup.

Westergaard adalah salah satu dari 12 kartunis yang membuat gambar tentang Nabi Muhammad dan diterbitkan di surat kabar Denmark, Jyllands Posten, pada bulan September 2005. Penayangan kartun itu menimbulkan kontroversi di kalangan umat Islam di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com