Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Feri Filipina, 24 Orang Belum Ditemukan

Kompas.com - 26/12/2009, 15:17 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Tim penyelam hingga Sabtu (26/12/2009) masih mencari 24 orang yang hilang akibat tabrakan kapal feri dengan kapan nelayan di malam Natal (24/12/2009).

Tim SAR dengan bantuan enam kapal pemerintah, dan tiga pesawat, telah menyusuri daerah dengan radius 37 km di Teluk Manila sejak Kamis lalu, tapi feri yang karam itu belum ditemukan, menurut kepala penjaga pantai Filipina.

Tiga jenazah dan 46 korban selamat telah ditemukan beberapa jam setelah kapal Catalyn B, feri berlambung kayu yang berpenumpang 73 orang, bertabrakan dengan kapal penangkap ikan Anathalia, yang berbobot 369 ton dan berlambung besi, di mulut Teluk Manila sebelum fajar. Sampai saat ini belum ada temuan baru lagi.

Petugas penjaga pantai menuturkan, banyak penumpang tengah tertidur ketika kecelakaan terjadi, sehingga tak sempat memakai rompi pelampung, dan kemungkinan masih banyak orang yang terperangkap di dalam kapal.

Feri yang berbobot 79 ton itu tadinya berlayar dari ibu kota, Manila, ke barat laut Pulau Mindoro dengan membawa penumpang yang pulang setelah merayakan Natal.

Admiral Wilfredo Tamayo, kepala pejaga pantai, menyatakan bahwa para penyelam sedang mencari feri tersebut dan akan melakukan pencarian di dasar laut untuk mengambil jenazah.

Presiden Gloria Macapagal Arroyo, Jumat (25//12/2009) telah memerintahkan pemilik feri dan pemilik kapal nelayan yang terlibat kecelakaan tersebut untuk menghentikan operasi kapal-kapal mereka.

Pihak berwajib Filipina mengatakan bahwa kemungkinan besar kecelakaan itu disebabkan kelalaian manusia, tapi penyelidikan formal akan dimulai hari Senin (28/12/2009).

Kecelakaan di laut cukup umum terjadi di kepulauan ini akibat badai tropis, kapal yang kurang terawat, dan lemahnya pengawasan aturan keselamatan di laut. Tahun lalu di Filipina tengah sebuah feri terbalik akibat topan sehingga memakan korban nyawa lebih dari 800 orang.

Pada bulan Desember 1987, feri Dona Paz tenggelam akibat bertabrakan dengan kapal tanker, sehingga total korban jiwa terhitung lebih dari 4.341 orang ; kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan laut terparah di dunia pada masa damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com