Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus "Dirobohkan" Seorang Wanita

Kompas.com - 25/12/2009, 05:14 WIB

VATIKAN, KOMPAS.com — Perayaan misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus, Kamis malam waktu setempat atau Jumat dini hari WIB, diwarnai sedikit insiden. Paus Benediktus XVI sempat terjatuh saat berjalan menuju altar utama untuk memulai upacara misa.

Seperti diungkapkan juru bicara Vatikan, Paus sempat roboh akibat diseruduk seorang wanita yang berhasil menerobos penghalang di Basilika. The Rev Ciro Benedettini mengatakan, akibat dorongan wanita tersebut, Paus terjatuh. Namun, Paus mampu berdiri lagi dan tidak mengalami luka. Wanita itu juga sempat  menabrak Cardinal Roger Etchegaray yang harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

Paus Benediktus, yang kini sudah berusia 82 tahun, dengan tenang bangkit kemudian meneruskan langkah menuju altar utama di basilika untuk memulai upacara misa Malam Natal.

Benedettini menjelaskan, wanita yang mendorong Paus tampaknya dalam kondisi mental yang tidak stabil. Wanita penyusup itu langsung ditahan dan diamankan oleh petugas Kepolisian Vatikan.

"Pada saat prosesi, seseorang yang dalam kondisi tidak stabil melompati penghalang dan menabrak Paus. Paus dengan cepat bangkit dan melanjutkan upacara," ujar Benedettini seperti dikutip Associated Press.

Perayaan misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus berlangsung dua jam lebih awal dari biasanya agar tidak terlalu larut bagi Paus karena kondisi fisiknya sudah mulai lemah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com