Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Awak BA "Natalan" di Darat

Kompas.com - 15/12/2009, 11:05 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Mulai Selasa (22/12/2009) sampai dengan Sabtu (2/1/2010) seluruh awak British Airways (BA) penerbangan dari Bandara Heathrow di London dan Gatwick di West Sussex bakal "natalan" di darat. "Penumpang harap mafhum karena kami sepakat melancarkan aksi mogok," begitu pernyataan serikat karyawan.

Nah, kalau dihitung-hitung, maskapai penerbangan nasional Inggris ini bakal kehilangan pemasukan lumayan gede. Pasalnya, dari kedua bandara tersibuk di Inggris Raya itu, duit 70.000 poundsterling mengalir tiap tahunnya. Lagian, lantaran mogok itu, BA dipastikan kehilangan fulus 1,5 juta poundsterling tiap harinya.

"Wah bakal kisruh nantinya," begitu komentar calon penumpang Gary McElligott begitu mengetahui rencana mogok tersebut.

Serikat karyawan bilang, alasan pemogokan karena adanya pemotongan kerja sekaligus pengurangan jumlah awak dalam setiap penerbangan. Asal tahu saja, setiap hari ada 650 penerbangan dari kedua bandara tersebut. Sejak Senin kemarin, sebagaimana ditulis The Sun, para awak sudah mengenakan kaus bernada protes bertuliskan "United We Stand". 

BA memang tengah mengalami masa-masa pahit lantaran krisis perekonomian global. Tahun ini saja, duit BA yang hilang gara-gara krisis mencapai 401 juta poundsterling. Penerbangan kelas utama dan bisnis yang paling parah terlanda krisis. Sejak 2007, BA sudah diprivatisasi.

Dari sekitar 40.000 karyawannya, pada Oktober tahun ini, BA sudah memangkas sekitar 1.700 karyawan. BA juga mengeluarkan kebijakan pengurangan gaji, pensiun dini, hingga perubahan sistem kerja karyawan dari purnawaktu menjadi paruh waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com