Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Tambah Serdadu ke Afganistan

Kompas.com - 02/12/2009, 19:28 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Italia Franco Frattini, Rabu (2/12), menyatakan Roma akan mengirim tentara tambahan ke Afganistan seperti diminta Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Tapi, ia menolak menyebut jumlah atau jadwal penempatan tentara tambahan itu.
   
Obama pada Selasa mengumumkan memerintahkan 30.000 lagi tentara ke Afganistan, tapi berjanji mulai memulangkan mereka sejak pertengahan 2011. Ia juga menyeru dukungan sekutu Amerika Serikat.
       
Frattini juga mendesak sekutu Eropa meningkatkan tekad ketentaraan, dengan menyatakan mereka seharusnya "melakukan banyak, betul-betul banyak seperti yang akan dilakukan Italia".
   
"Perancis memberi jawaban tak pasti, Jerman tidak terburu-buru dan Inggris barangkali memberi sumbangan terbatas," tambahnya.
   
Italia memiliki 2.795 tentara di Afganistan, sementara Inggris 9.000 orang, Jerman 4.365, dan Perancis 3.095 serdadu. Sejumlah 21 tentara Italia tewas di Afganistan sejak 2004, kata laman Kementerian Pertahanan Italia.
   
Enam tentara Italia tewas pada tengah September akibat serangan jibaku kelompok Taliban paling mematikan atas tentara persekutuan pertahanan Atlantik Utara NATO.
   
Pengebom jibaku menabrakkan mobil sarat bahan peledak ke iringan dua kendaraan peterjun Italia di Kabul tengah, tidak jauh dari kedutaan besar Amerika Serikat di jalan ramai bandar udara, menewaskan tentara itu dan 10 warga Afganistan.
  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com