Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket Terobos Hotel Mewah dan Cederai 4 Orang

Kompas.com - 22/11/2009, 04:12 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Serangan roket dekat hotel mewah Serena di Kabul telah melukai empat orang, termasuk dua anggota pasukan keamanan Afghanistan, sorang jurubicara kementerian kesehatan Afghanistan mengatakan, Sabtu (22/11). "Sebuah roket menghantam tembok hotel berbintang lima di bagian yang ramai dari kota Kabul pada pukul 18.15 waktu setempat," jelas Ahmad Farid Raaid, juru bicara kementerian kesehatan.
    
Zamarai Bashary, juru bicara kementerian dalam negeri, menyatakan: "Itu adalah serangan roket yang menghantam di depan rumah sakit Rabia Balkhi. Kami memiliki empat orang terluka, tiga warga sipil dan satu pejabat polisi. Dua dari warga sipil yang terluka adalah perempuan," katanya.
    
Hotel Serena, milik Aga Khan, diserang pada Januari 2008 oleh seorang komandan Taliban, dengan korban tewas delapan orang. Itu adalah satu-satunya hotel berbintang lima di Kabul dan telah dijaga dengan ketat sejak serangan 2008 itu. Ini adalah hotel pilihan bagi anggota parlemen yang berkunjung.
    
Hotel itu telah beberapa kali diserang dan serangan sebelumnya pada 28 Oktober yaitu saat sebuah wisma tamu PBB mendapat serangan Taliban sehingga menewaskan lima staf PBB dan dua warga Afghanistan.  Serangan itu menyebabkan PBB menarik ratusan staf internasional, meninggalkan sejumlah staf di kompleksnya yang luas sekali di Kabul tengah.
    
Serangan terbaru itu berlangsung dua hari setelah Presiden Hamid Karzai dilantik untuk masa jabatan lima tahun kedua, setelah pemilihan 20 Agustus yang kontroversial dan dinodai oleh tingkat kecurangan yang mengejutkan. Sekarang ini hanya Kabul yang dikuasai dan diamankan oleh Afghanistan saat lebih dari 100.000 tentara AS dan negara-negara NATO memerangi Taliban.
  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com