Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda NTT Tangkap 61 Imigran Gelap Asal Timur Tengah

Kompas.com - 14/11/2009, 15:31 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 61 imigran asal Timur Tengah kembali ditangkap Aparat Polisi Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) saat hendak diselundupkan ke Australia melalui Pulau Rote oleh seorang warga Indonesia.
    
"Saya hendak menyeberangkan mereka ke Australia, dengan bayaran Rp2,5 juta per kepala," kata Jimmi, nelayan asal Maumere, Pulau Flores yang akan menyeludupkan para imigran gelap tersebut ke Australia, di Kupang, Sabtu.
    
Para imigran gelap tersebut ditangkap aparat Polisi Perairan (Pol Air) Polda NTT pada Kamis (12/11). Kini 61 imigran gelap tersebut masih ditahan di markas Pol Air.
    
Sebelumnya Aparat Polda NTT juga menangkap sebanyak 12 orang imigran gelap asal Timur Tengah. Kini 12 imigran gelap tersebut masih ditahan oleh imigrasi Kupang.
    
Dia mengatakan, saat dirinya bersama 61 imigran tersebut akan menyeberang ke Australia di perairan Nuse Rote di Pulau Rote, perahu mereka ditangkap oleh polisi yang sedang patroli.
    
"Saya tergiur dengan bayaran sebesar Rp 2,5 juta per orang dari para imigran gelap tersebut," katanya.
    
Dua dari 61 imigran gelap yang tertangkap tersebut harus dilumpuhkan oleh aparat kepolisian dengan timah panas, karena berusaha melarikan diri.  Kini kedua imigran tersebut harus menjalani perawatan intensif di Rumah Bayangkara (RSB) Kupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com