Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Bakal Pindahkan Stafnya dari Afganistan

Kompas.com - 05/11/2009, 20:19 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera memindahkan sekitar 600 dari 1300 orang stafnya di Afganistan. Pemindahan ini dilakukan untuk membenahi sistem keamanan di lokasi-lokasi tugas PBB. Setelah itu, para staf akan kembali lagi untuk menyelesaikan tugas mereka di Afganistan.

Pekan lalu, aksi bom bunuh diri Taliban menewaskan lima pekerja PBB di Kabul. Dalam insiden ini, tiga warga sipil Afganistan juga tewas.

Serangan yang ditujukan terhadap penginapan Bekhtar di distrik Shar-i-Naw adalah serangan paling mematikan terhadap PBB di Afganistan sejak jatuhnya kekuasaan rezim Taliban tahun 2001.

Gangguan minimal

"PBB memiliki komitmen penuh untuk membantu rakyat Afganistan, seperti yang sudah dilakukan sejak setengah abad lalu," begitulah isi pernyataan resmi PBB, Kamis (5/11).

"Semua upaya untuk mengurangi gangguan terhadap kegiatan kami dilakukan sambil menunggu upaya pengetatan keamanan," demikian pernyataan tersebut.

Seorang juru bicara PBB di Kabul mengatakan, para staf ini akan dipindah selama maksimal empat pekan. Pemindahan staf ini, tambah sang juru bicara, tak akan memengaruhi tugas-tugas utama PBB di Afganistan, seperti pengiriman barang, karena dilakukan oleh staf lokal Afganistan.

Ke-600 orang staf itu ditarik dari seluruh badan-badan PBB dan dari berbagai tempat di Afganistan.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengutuk serangan bom pekan lalu sebagai sebuah tindakan yang mengejutkan dan memalukan. Ban Ki-moon juga meminta evalulasi seluruh prosedur keamanan di Afganistan dan melakukan segala cara untuk melindungi semua staf PBB di negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com