Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapatan Menurun, Microsoft Siapkan PHK Besar-besaran

Kompas.com - 05/11/2009, 03:59 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Raksasa perangkat lunak komputer AS, Microsoft, akan memangkas lebih dari 800 pekerjaan dan merumahkan 5.000 karyawannya.

"Awal tahun ini, kami mengumumkan bahwa dalam rangka mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi dan memprioritaskan bidang fokus kami, kami akan menghilangkan kira-kira 5.000 posisi pada bulan Juni 2010," kata juru bicara Microsoft, Lou GellosMicrosoft dalam sebuah pernyatannya, Rabu (4/11).


"Hari ini, kami menghilangkan sekitar 800 posisi yang tersebar di beberapa bisnis dan lokasi dan telah menyelesaikan rencana pengurangan kami lebih cepat dari yang telah diantisipasi 11 bulan lalu," katanya.

Menurut Lou Gellos apa yang dilakukan sekarang juga demi kepentingan melanjutkan bisnis mereka. Sejak Januari lalu perusahaan yang berbasis di Washington ini telah melakukan PHK besar-besaran. Sebelumnya mereka memiliki 91.005 karyawan.

Microsoft bulan lalu melaporkan bahwa keuntungan bersih turun 18 persen di kuartal pertama tahun fiskal menjadi 3,57 miliar dolar, atau 40 sen per saham, dari 4,37 miliar dolar, atau 48 sen per saham, setahun yang lalu.

Pendapatan turun 14 persen pada kuartal yang berakhir pada 30 September menjadi 12,92 miliar dolar. Itu adalah kuartal ketiga dalam deretan pendapatan bagi perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates, tetapi melampaui perkiraan analis 12,37 miliar dolar.

Microsoft telah terpukul oleh lemahnya permintaan di seluruh dunia untuk komputer pribadi dan berharap untuk mendapatkan dorongan dari rilis bulan terakhir yang banyak digembar-gemborkan generasi sistem operasi Windows 7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com