Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer AS Latih Tentara Georgia

Kompas.com - 27/10/2009, 01:37 WIB

TBILISI, KOMPAS.com - Militer AS dan Georgia, Senin (26/10),  melakukan latihan bersama sebelum pengerahan ratusan tentara Georgia musim semi yang akan datang ke Afganistan, kata kementerian pertahanan.
   
Kerja sama militer AS dengan Georgia yang pro-Barat makin menegangkan hubungan AS dan Rusia yang tahun lalu melakukan perang lima hari dengan Georgia. "Latihan itu ditujukan untuk melatih tentara Georgia yang akan dikerahkan dalam kerangka kerja ISAF (Pasukan Bantuan Keamanan Internasional)," jelas Juru Bicara Kementerian Pertahanan Georgia  Salome Makharadze pada AFP.
   
"Latihan itu akan berlangsung dua pekan dan melibatkan seluruhnya 840 tentara, 420 tentara Georgia dan jumlah yang sama tentara AS," ia menambahkan.
   
Ia menyatakan 20 tentara Georgia itu akan berangkat ke Afganistan musim semi. Mereka akan datang dan bertugas di bawah komando AS.
   
Satu kompi tentara Georgia juga akan dikirim ke Afganistan bulan depan untuk bertugas di bawah komando Perancis, kata Makharadze. Ia tidak dapat menjelaskan secara khusus berapa banyak tentara Georgia yang akan mengambil bagian, tapi satu kompi biasanya terdiri atas 100-200 tentara.
   
Kedutaan besar AS dalam satu pernyataan mengatakan latihan itu, yang disebut Immediate Response, "dirancang secara khusus untuk meningkatkan kemampuan Georgia untuk melakukan operasi anti-gerilyawan bersama di Afganistan dengan pasukan AS".
   
Moskwa telah menuduh Washington campur tangan di wilayah itu dan mempersenjatai Georgia.
   
Lebih dari 100.000 tentara asing, sebagian besar dari mereka orang Amerika, telah ditempatkan di Afganistan, memerangi gerilya yang makin berdarah yang dilancarkan oleh Taliban dan sekutunya.
   
Sekitar 2.000 tentara Georgia telah dikerahkan dengan pasukan AS di Irak dari Agustus 2003, tapi bergegas kembali ke Georgia Agustus tahun lalu untuk perang dengan Rusia mengenai wilayah pemberontak Ossetia Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com