Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Pakistan Tewaskan 60 Gerilyawan Taliban

Kompas.com - 18/10/2009, 18:45 WIB

RAWALPINDI, KOMPAS.com-Militer Pakistan, Minggu (18/10), mengatakan 60 gerilyawan tewas dalam 24 jam pertama serangan terhadap Taliban di Waziristan Selatan.

Ini adalah pertama kali jumlah gerilyawan yang tewas disiarkan militer sejak pasukan darat yang didukung jet-jet tempur melancarkan operasi, Sabtu.

Jumlah itu tidak mungkin dikonfirmasikan karena medan tempur  tertutup bagi wartawan dan semua komunikasi di daerah itu ditutup. "Dalam 24 jam terakhir ini, dilaporkan 60 gerilyawan tewas dalam operasi Rah-e-Nijat. Korban di pihak pasukan keamanan lima tewas dan 11 lainnya cedera," kata militer.

Seorang juru bicara mengemukakan kepada AFP bahwa pasukan di lapangan memberikan laporan tentang korban itu ke markas besar di kota garnisun Rawalpindi, yang dikepung para gerilyawan pekan lalu.

Dalam operasi di timur, 30 gerilyawan tewas dan dua serdadu  meninggal dengan pasukan memperluas kekuasaan mereka sampai ke Mandana, di jalan  menuju Kotkai, kampung halaman pemimpin Taliban Pakistan Hakimullah Mehsud.

Di sekitar Sherwangi, tempat para pejabat keamanan melaporkan perlawanan paling hebat Taliban, militer mengatakan 20 gerilyawan dan seorang tentara tewas.

Militer mengatakan daerah-daerah penting dan taktis di sekitar Razmak telah diamankan, menewaskan dua tentara dan 10 gerilyawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com