Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Gempa Sumbar Masih Butuh Tenda

Kompas.com - 15/10/2009, 19:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, para korban gempa Sumatera Barat hingga kini masih membutuhkan tenda sebagai tempat tinggal sementara. Dari sekitar 90.000 tenda yang dibutuhkan, baru 60.000 tenda saja yang terpenuhi.

Syamsul mengatakan, untuk menutupi kekurangan tersebut, Gubernur Sumatra Barat Gumawan Fauzi telah menyediakan alat pertukangan bagi warga Sumbar. "Dengan demikian, mereka dapat membuat shelter sementara dengan menggunakan sisa-sisa bangunan sambil menunggu rumah mereka diperbaiki," ujar Syamsul seusai mengikuti rapat kabinet menteri terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (15/10) malam di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta.

Sementara itu, lanjut Syamsul, air minum sudah dapat dinikmati di sekitar 85 persen wilayah di Sumbar. Kebutuhan listrik di kota Padang Pariaman pun sudah mencapai 100 persen. Cadangan beras yang dimiliki Pemda Sumbar saat ini mencapai 13.000 ton atau mampu mencukupi kebutuhan masyarakat setempat selama 4 bulan.

Khusus untuk uang lauk bagi 135 ribu korban gempa yang rumahnya rusak parah, Pemda telah mencairkan sebesar Rp 44 miliar. Sementara itu, Gubernur Sumatra Barat Gumawan Fauzi menegaskan, total korban tewas gempa Sumbar mencapai 1.117 orang. Dari angka tersebut, 907 jenazah di antaranya berhasil diidentifikasi. Sementara itu, 210 jenazah lainnya, yang semuanya tertimbun tanah setinggi 10 meter, telah dinyatakan tewas. "Masyarakat sudah mengikhlaskan tempat tersebut menjadi kuburan massal. Berita acaranya sudah ditandatangani," ujar Gumawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com