Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Pulihkan Dunia

Kompas.com - 15/10/2009, 00:50 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Angka resmi perdagangan China untuk bulan September menunjukkan adanya perbaikan perekonomian dunia.

Ekspor dari kekuatan ekonomi ketiga terbesar dunia ini turun menjadi 115,9 miliar dollar AS. Ini merupakan penurunan 15,2 persen ketimbang pada September 2008. Namun, angka ini merupakan yang terkecil dalam sembilan bulan ini.

Paket stimulus China senilai 596 miliar dollar AS membantu menaikkan ekonomi namun perlu pemulihan global untuk mendorong perdagangan.

Sementara itu, impor China turun 3,5 persen menjadi 103 miliar dollar AS yang merupakan penurunan terkecil sejak impor merosot pada November 2008.

Badan Bea Cukai China menyebutkan, surplus perdagangan China berkisar 135,5 miliar dollar AS pada sembilan bulan pertama tahun 2009, turun 26 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

"Secara menyeluruh kinerja ekspor akan lebih baik dalam beberapa bulan mendatang," kata Dong Tao, ekonomi Credit Suisse di Hongkong.

Wakil Menteri Perdagangan China Zhong Shan pernah mengatakan, ekspor China masih menghadapi periode sulit.

Untuk mendukung ekspor, China manikkan pajak atas ekspor beberapa kali dalam beberapa tahun ini. Kebijakan ini menambah keringanan pajak dan memperbaiki asuransi kredit ekspor.  Bank Sentral juga menghentikan penguatan yuan terhadap dollar AS sejak Juli 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com