Korban Topan Parma di Filipina Makin Banyak

Kompas.com - 10/10/2009, 18:30 WIB
Editorprimus

MANILA, KOMPAS.com - Jumlah korban jiwa akibat tanah lonsor di Filipina utara bertambah menjadi 197 orang.  Angka terbaru ini dikeluarkan pemerintah pada Sabtu (10/10) yang juga mengatakan para petugas bantuan terus berusaha melakukan pencarian terhadap jenazah yang terkubur.

Wartawan BBC di Manila Danny Vincent mengatakan regu-regu penolong sepanjang malam berusaha mencari jenazah yang terkubur lumpur.

Ribuan orang telah dievakuasi dari daerah-daerah yang terkena tanah longsor dan banjir yang terjadi akibat Topan Parma. Akibat tanah longsor sejumlah desa di Provinsi Benguet dan Pangasianan terbenam oleh lumpur.

Pemerintah setempat juga membela diri dari berbagai kritik yang menyayangkan mengapa mereka membuka pintu dam yang mengakibatkan banjir di banyak tempat.  Menurut pemerintah kalau dam sampai jebol dampaknya akan semakin parah.

Para petugas bantuan mengkhawatirkan jumlah korban jiwa akan terus bertambah.

Pemerintah Filipina memperingatkan keadaan di daerah-daerah yang dilanda banjir baru akan pulih beberapa bulan lagi.

Sekitar setengah juta penduduk Filipina diungsikan akibat dua topan yang melanda secara berturutan.

Sementara itu di Manila pemerintah mengatakan tidak ada tempat untuk mengungsikan ribuan keluarga yang selama ini tinggal di bantaran sungai di kota itu.

Badan meteorologi Filpina mengatakan setelah hujan berhari-hari topan Parma sekarang sudah bergeser ke Laut Cina Selatan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.