Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debu Tampil di Hadapan Umat Muslim Ambon

Kompas.com - 09/10/2009, 23:55 WIB

AMBON, KOMPAS.com--Grup band nasid Debu, yang dimotori Mustafa Ibnu Daood (vokal), tampil di hadapan ratusan umat Muslim yang memadati pelataran masjid Raya Al-Fatah, Ambon, Jumat.

Grup musik beraliran religi yang hadir di Ambon untuk mengisi Konser Ambon Jazz Plus Festival (AJPF) 2009 itu sebelumnya mengikuti sholat Jumat bersama ribuan umat Muslim Ambon yang memenuhi masjid tersebut.

Grup musik yang berdiri tahun 2001 dan saat ini berbasis di Selatan Jakarta itu ketika berada di Masjid Al-Fatah ditemani Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff serta Ketua DPR-RI Marzuki Alie.

Mereka diberikan tempat untuk melakukan sholat pada saaf bagian depan, dan usai melakukan Shalat Jumat, mereka memasang peralatan bandnya di pelataran masjid dan membuka konser selama satu jam bagi warga Muslim.

Sedikitnya tiga buah lagu andalan mereka yang berlirik musik tentang perdamaian, cinta, dan kerinduan kepada Sang Pencipta serta dan pesan-pesan Islami dikumandangkan membuat ratusan umat yang memadati pelataran mesjid terbesar di Maluku itu terpesona menikmatinya.

Mustafa, sang vokalis, bahkan sempat berkomunikasi dengan warga di sela jeda lagu-lagunya dan mengimbau umat untuk tetap taat beribadah serta menebarkan cinta kasih kepada sesama dan hidup berdamai.

Usai konser, warga Muslim saling berebutan untuk menyalami para musisi itu personilnya berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Swedia, dan Indonesia itu.

Ketua DPR-RI Marzuki Alie dalam kesempatan itu mengimbau umat untuk memelihara situasi yang semakin bagus, dan tetap menjalin tali persaudaraan dan cinta kasih dengan umat beragama lainnya di Maluku.

Menurutnya, kondisi Maluku saat ini sangat aman dan kehidupan antarumat beragama terjalin harmonis karena mewarisi budaya leluhur yang mempersatukan yakni "Pela-Gandong".

"Ini warisan leluhur yang harus terus dipertahankan dan dikembangkan, karena dampaknya mempersatukan berbagai komponen masyarakat dalam ikatan persaudaraan sejati, tanpa memandang perbedaannya," ujarnya.

Dia berharap kehadiran grup band Debu akan semakin memperkuat iman umat Muslim di Maluku untuk senantiasa berbuat baik bagi sesama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com