Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etihad Airways Beli Pesawat 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 08/10/2009, 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maskapai nasional Uni Emirat Arab, Etihad Airways, untuk pertama kalinya menandatangani transaksi dengan fasilitas jaminan kredit ekspor berupa pembelian pesawat pada 2009-2010 senilai satu miliar dollar AS.

Dari hasil pemeringkatan oleh Export Credit Agency (ECA) yang didukung negara-negara anggota dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Etihad dikategorikan sebagai perusahaan penerbangan yang layak investasi.

Jaminan pemerintah (sovereign guarantee) dari Jerman, Perancis, Inggris, dan AS nantinya akan meningkatkan kegiatan pembiayaan pembelian pesawat pada pasar komersial dengan memberikan akses yang lebih luas kepada sumber-sumber modal dengan tingkat keuntungan yang kompetitif.

"Para pemegang saham Etihad Airways telah memberi kami mandat yang sangat jelas, dan kami telah bekerja keras selama lebih dari tiga tahun terakhir ini untuk menyusun platform perdagangan yang kuat serta kerangka tata kelola perusahaan yang sehat," kata CEO Etihad James Hogan, Kamis (8/10).

"Kami berhasil membuktikan bahwa kami memiliki rencana bisnis yang jelas, mampu mengimplementasikan rencana tersebut, dan kami memiliki prospek yang meyakinkan akan kinerja serta pencapaian yang saat ini sedang berjalan," lanjut Hogan.

Bagian pertama dari pinjaman senilai 1 miliar dollar AS itu akan digunakan untuk pembelian delapan pesawat terbang hingga akhir 2010. Etihad Airways telah menandatangani pembelian dua Airbus A340-600 senilai 233 juta dollar AS.

Berdasarkan kesepakatan pertama, HSBC Bank plc berperan sebagai arranger utama yang resmi, kreditur, agen fasilitas, security trustee, dan hedge provider, dengan pinjaman sebesar 122 juta dollar AS dan masa pembayaran kembali selama 12 tahun.

Kesepakatan kedua senilai 111 juta dollar AS ditandatangani dengan Landesbank Baden-Wuerttemberg sebagai arranger, kreditur, agen fasilitas, dan security trustee. Debt placement dalam kesepakatan ini dilakukan oleh SkyBlue Capital LLC.

Export Credits Guarantee Department (ECGD) Inggris merupakan penyalur kedua fasilitas pinjaman tersebut. Sementara itu, reasuransi dijamin oleh Compagnie Francaise d Assurance pour le Commerce Exterieur of France (COFACE) dan EULER HERMES Kreditversicherungs AG di Jerman.

Etihad Airways saat ini memiliki 47 pesawat yang jumlahnya akan ditambah menjadi 52 unit pada akhir tahun ini. Pengiriman empat pesawat baru akan diterima Etihad Airways pada 2010 nanti sehingga jumlah pesawatnya akan bertambah lagi hingga menjadi 56 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com