Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Terbitkan Standardisasi Rumah Tahan Gempa

Kompas.com - 07/10/2009, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) MS Hidayat meminta pemerintah untuk segera menerbitkan standardisasi rumah tahan gempa.

"Kami inginkan pemerintah keluarkan standar baru spesifikasi tentang rumah-rumah tahan gempa bagi daerah-daerah rawan gempa. Kadin akan ajak pemerintah secara konkret, karena itu sudah ada studinya di Sumatera Barat (gempa sebelumnya) tapi tidak ada follow up-nya (kelanjutannya)," katanya di Jakarta, Rabu (7/10).

Ia menambahkan, pihaknya berencana mengadakan rapat dengan pemerintah terkait dengan hal itu. "Untuk (penanganan) jangka menengah dan panjang Kadin mau adakan rapat dengan pemerintah bagimana struktur tanah-tanah yang rawan gempa itu dibikin spesifikasi lebih khusus dan kuat," katanya.

Ia menjelaskan, untuk jangka pendek ini, pihaknya turut serta dalam proses tanggap darurat dengan memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat Sumbar yang menjadi korban gempa bumi.

Sementara itu, pihaknya juga menunggu permintaan dari pemerintah dan Kadin di daerah, apa saja yang dibutuhkan untuk membantu mempercepat pemulihan.

Menurut dia, pihaknya kini telah bersiap untuk ikut berperan serta dalam membantu pembangunan berbagai sarana dan prasarana pascagempa. "Sebentar lagi mungkin kita akan panggil teman-teman dari pabrik semen jika pembangunan sudah dimulai," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com